APSI-3-1-Quiz

Deskripsi Tiket.com


Tiket.com adalah layanan jual beli tiket pesawat berbasis online. Dalam laman resminya yakni http://www.tiket.com, dapat dilihat bahwa Tiket.com adalah sistem reservasi tiket yang terintegrasi dengan booking system dari setiap partner terpecaya yang telah bekerja sama memberikan keamanan trasaksi tiket serta kemudahan pemesanan melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual. 



Tiket.com menyediakan layanan pemesanan hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, penyewaan mobil yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Tiket.com dibentuk pada bulan Agustus 2011.

Tiket.com bekerjasama dengan travel agent resmi maskapai-maskapai yang sudah terpercaya untuk menerbitkan tiket melalui halaman resminya . Hal ini memungkinkan konsumen yang akan melakukan pemesanan tiket mendapatkan pilihan penjual yang di inginkan, serta kenyamanan dan keamanan yang terjamin.

Maskapai-maskapai yang bekerjasama dengan Tiket.com dalam menerbitkan tiketnya diantaranya adalah : Merpati, Garuda, Lion Air, Air Asia. Batik Air, dan maskapai lainnya. Tiket.com juga telah dipercaya menjadi agen resmi dan bekerja sama dengan PT.Kereta Api Indonesia. Tiket.com juga menyediakan fasilitas untuk menampilkan maskapai dan rute penerbangan yang sedang dalam harga promo, ataupun tiket yang di jual mengalami penurunan harga atau telah mendapatkan diskon dari masing-masing maskapai penerbangan.




Teknologi Informasi dan Sistem Informasi padaTiket.com


Teknologi Informasi
  • Hardware: Komputer, server.
  • Software: Web Tiket.com
  • Network: Jaringan Internal Tiket.com
  • Data: Database untuk menyimpan pengguna, transaksi yang berlangsung, data-data partner aplikasi.
  • People: Pengguna Tiket.com
  • Process: Kumpulan logic dan algoritma dalam backend web untuk memproses segala transaksi.
Sistem Informasi

Tiket.com adalah salah satu contoh sistem informasi di bidang transportasi yang menyediakan layanan penjualan tiket secara online, sehingga traveler/masayarakat tidak perlu bersusah-susah lagi ke bandara, stasiun atau pun ke hotelnya langsung jika ingin memesan tiket atau pesan hotel karena dapat secara mudah diakses secara online dimana saja.

Terdapat 5 fitur pemesanan tiket pada Tiket.com, yakni :
  • Hotel

Pada fitur ini, pengguna dapat melakukan reservasi hotel. Dimana fitur ini memuat informasi berupa nama daerah dimana akan dilakukan reservasi dan akan terlihat jumlah hotel yang telah bekerja sama dengan Tiket.com pada daerah yang dipilih. Terdapat juga infomasi yang memuat tanggal check-in dan check-out serta jumlah hari yang diinginkan dalam reservasi hotel. 
  • Pesawat

Pada fitur ini, pengguna dapat melakukan pemesanan tiket pesawat. Dimana fitur ini memuat informasi berupa nama daerah dan nama bandara yang menjadi bandara keberangkatan dan kedatangan yang diinginkan. Terdapat juga infomasi yang memuat tanggal pergi dan pulang (apabila memilih opsi pulang-pergi) serta jumlah tiket peswat yang diinginkan dalam pemesanan. 
  • Kereta Api

Pada fitur ini, pengguna dapat melakukan pemesanan tiket kereta. Dimana fitur ini memuat informasi berupa nama daerah dan nama stasiun yang menjadi stasiun asal dan stasiun tujuan yang diinginkan. Terdapat juga infomasi yang memuat tanggal pergi dan pulang (apabila memilih opsi pulang-pergi) serta jumlah tiket kereta yang diinginkan dalam pemesanan. 
  • Event dan Atraksi

Pada fitur ini, pengguna dapat melakukan pemesanan tiket suatu event dan acara tertentu. Dimana fitur ini memuat informasi berupa nama event baik berupa festival, atraksi yang diinginkan. 
  • Sewa Mobil

Pada fitur ini, pengguna dapat melakukan reservasi penyewaan mobil. Dimana fitur ini memuat informasi berupa nama daerah lokasi penjemputan dimana akan dilakukan reservasi sewa mobil yang diinginkan. Terdapat juga infomasi yang memuat tanggal jemput dan selesai serta jumlah mobil yang ingin disewa.



Klasifikasikan Sistem Informasi (OBrien)


A. Operating Support System
  • Transaction Processing System (TPS)
Dalam melakukan transaksi, tiket.com telah memiliki jaringan komputer yang terintegrasi dengan customer (user) dan partner-partnernya seperti maskapai,hotel,event organizer,kereta api Indonesia yang menyediakan informasi pemesanan. Tiket yang dipesan akan di book sementara oleh sistem tiket.com terhadap partner kerja. Kemudia dengan menyediakan berbagai cara pembayaran, perusahaan akan menunggu proses pembayaran dari customer. Setelah melakukan pembayaran, tiket yang dipesan akan secara sah dibeli dan informasi tiket akan dikirim kepada customer untuk digunakan.

  • Enterprise Collaboration System (ECS)

Tiket.com merupakan perusahaan yang bekerja pada bidang pemesanan tiket, tentunya tiket.com telah berkerja sama dengan partner terpercaya seperti maskapai,hotel,event organizer,kereta api Indonesia, dan juga pihak bank yang akan mempermudah proses pembayaran transaksi. Tiket.com mengembangkan sistem yang mengelola semua proses baik pencarian,transaksi,pembayaran yang akan mempermudah mengurus informasi dan komunikasi antar masing-masing partner.
  • Process Control System (PCS)
Tiket.com membutuhkan sisrem untuk mengatur setiap proses yang terjadi agar apabila terjadi suatu kesalahan atau error, administrator dan programmer dapat dengan mudah memperbaiki. Sistem tersebut nantinya akan mempermudah tiket.com untuk meramalkan kondisi data penjualan yang terjadi pada momen tertentu, misalkan pada akhir tahun, hari raya dll.



B. Management Support System

Level Sistem Informasi
Berikut adalah gambaran tentang level dalam sistem informasi pemesanan tiket.com.




Executive Information Systems (EIS)

- Chief Executive Officer (CEO)
  • Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.
  • Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan.
  • Mengawasi dan mengendalikan perusahaan.
  • Memperluas kerjasama dengan penyedia jasa.

Decision Support Systems (DSS)

- Manager
  • Mengawasi dan menjalankan kegiatan perusahaan deengan anggaran yang dimiliki.
  • Menjadi perantara dalam mengkomunikasikan ide,gagasan dan strategi.
  • Membuat laporan keuangan.
  • Menjalin relasi dengan konsumen.
  • Memimbing dan membina karyawan di bagian pemasaran.
  • Melakukan planing dan analisis pemasaran.

Management Information Systems (MIS)

- Administrator
  • Menambah kuota tiket.
- Programmer
  • Mengelola sistem dan program.

Transaction Processing Systems (TPS)

- Sales 
  • Melayani feedback konsumen.
  • Memantau kompetitor.
  • Menawarkan dan mempromosikan jasa kepada konsumen
- Ticketing
  • Menjaga dan memantau stok.
  • Mengupdate kuota tiket.
  • Menjalankan segalah kegiatan yang berkaitan dengan transaksi penjualan tiket.
- Pengguna/User
  • Sistem informasi ini dapat digunakan oleh masyarakat umum yang membutuhkan tiket dengan cara yang lebih mudah, yaitu pemesanan secara online.
  • Membantu para penyedia jasa transportasi untuk menganalisis pembelian tiket.

Comments

Popular posts from this blog

ENTERPRISE COLLABORATION SYSTEMS

SISTEM INFORMASI TIKET.COM

UAS PBO - KASIR SEDERHANA